HOME POLITIK SULUT

Anak Buah Mega-Prabowo Kompak di Minahasa

BERITAHUSULUT.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Kamis (19/9) kemarin menggelar rapat paripurna pembentukan fraksi dan pengumuman penetapan pimpinan DPRD. Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Glady Kandouw didampingi Wakil Ketua Okstesi Runtu.

Diketahui, untuk DPRD Minahasa telah terbentuk 5 fraksi. PDI Perjuangan berhasil meyakinkan partai Gerindra untuk berkoalisi. Sementara Perindo dan Hanura berkoalisi untuk satu fraksi dengan nama Maesa.

Lainnya yakni Fraksi Golkar, Demokrat dan NasDem. Dikatakan Kandouw, sudah menjadi tugas selaku pimpinan sementara untuk segera memfasilitasi pembentukan fraksi.

“Fraksi yang telah dibentuk dilaporkan ke pimpinan untuk diumumkan di rapat paripurna saat ini (kemarin). Pimpinan sementara sudah jalankan satu tugas yakni memfasilitasi pembentukan fraksi,” ujarnya.

Kandouw juga berterima kasih kepada anggota DPRD lainnya karena sudah pro aktif dalam penyusunan tatib. “Pimpinan sementara itu telah laksanakan tugas pimpin rapat paripurna, memfasilitasi pembentukan fraksi dan penyusunan tatib,” paparnya.

Sementara Sekretaris DPRD Siby Sengke mengatakan, untuk penetapan pimpinan dewan definitif berasal dari parpol yang memiliki kursi terbanyak. Yang berhak jadi pimpinan untuk ketua yakni PDI Perjuangan dan wakil ketua dari Golkar dan Demokrat.

“Nanti setelah diumumkan dan ditetapkan, kemudian akan disampaikan kepada Gubernur melalui Bupati guna mendapatkan putusan untuk nantinya akan dilantik oleh ketua pengadilan negeri,” pungkasnya.

Sumber : manadopostonline.com