NASIONAL PEMILU POLITIK

Cek Namamu di Daftar Pemilih Pemilu 2019

beritahusulut.com – Golput itu bukan pilihan, justru sebagai warga Indonesia apalagi khususnya kaum milenial harus wajib memilih calon idolanya saat pencoblosan Pilpres 2019 nanti yang akan digelar pada 17 April 2019. Bahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengimbau warga negara Indonesia yang sudah punya hak pilih untuk mengecek di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Sebenarnya ada dua cara pengecekan yang dilakukan. Pertama, datang langsung ke kantor desa/kelurahan domosili. Nah, di sini petugas akan membantu pemilih untuk mengecek keterdaftaran mereka dalam DPT.

Kalau cara keduanya, kamu bisa cek kemari nih https://sidalih3.kpu.go.id/dppublik/dpsnik , jadi gak perlu datang ke kantor desa/kelurahan, cukup mengandalkan ponsel dan jaringan internet saja, yuk lihat caranya.

Pertama kamu akan diminta untuk memilih provinsi tempat tinggal di awal halaman portal. Pilih provinsi sesuai dengan tempat tinggal di kartu tanda penduduk (KTP). Kedua, usai mengisi kolom provinsi, kamu akan diminta memasukan kabupaten/kota domisili. Pilih kabupaten/kota domisili sesuai dengan tempat tinggal di KTP. Ketiga jangan lupa untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam KTP di kolom ‘NIK”.

Keempat ketik namamu di kolom nama, letaknya berada di samping kolom “NIK” dan terakhir klik ikon “cari pemilih” yang ada di sebelah kanan kolom “Nama”. Habis itu akan tampil deh apakah pemilih sudah terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 atau belum.

Sumber : Opini