EKONOMI SULUT

Sekda Bolmong: RDTR Penting Untuk Realisasi Investasi

BOLMONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mogondow Tahlis Gallang SIP MM, megatakan kalau Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang saat ini tengah digodok sangat penting dalam menciptakan realisasi investasi di daerah tersebut.

Hal itu dikatakan Tahlis dalam sambutannya saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tahap Kedua, FGD Ketiga, dan konsultasi publik kedua penyusunan materi teknis rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bolaang Mongondow di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Jumat (20/09/2019) lalu. “Penyelesaian RDTR ini harus menjadi perhatian sebab ini cukup signifikan dalam membantu realisasi investasi di daerah ini, terlebih khusus dalam hal perijinan” ucap Tahlis.

Tahlis menambahkan kalau pelayanan perijinan membutuhkan regulasi dalam rangka mempermudah birokrasi perijinanlewat system pengelolaan perizinan terpadu secara elektronik, atau Online Single Sub Mision (OSS). “Adapun sasaran penyusunan RDTR bertujuan untuk menyediakan materi teknis RDTR terlebih khusus dalam hal peraturan zonasi kawasan perkotaan, tersedianya payung hukum berupa Perda RDTR, serta ketersediaaan peta dengan skala kedetailan informasi minimal 1 : 5000, dan juga adanya buku kajian lingkungan hidup strategis (KLHS),” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Bolmong Ir Channy Wayong menambahkan kalau penyusunan RDTR lewat FGD yang digelar tersebut, didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahhun 2018 tentang Pelayanan Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.