IT PENDIDIKAN

Tak Menyerah, India Bakal Kirim Manusia ke Luar Angkasa

BERITAHUSULUT.COM – India berhasil mengirimkan wahana penginderaannya ‘Vikram’ Chandrayaan-2 ke permukaan Bulan beberapa waktu lalu. Meskipun sempat ada kendala hilang kontak sebelum berhasil mendarat.

India juga berencana untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa pada Desember 2021 atau disebut misi Gaganyaan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Indian Space Researche Organisation (ISRO), Kailasavadivoo Sivan.

Sivan menegaskan meskipun misi Chandrayaan-2 tidak sesuai rencana, tidak akan mencegah misi untuk mengirim manusia ke Bulan. Wahana ‘Vikram’ Chandrayaan-2 akan membagikan data selama tujuh setengah tahun.

Baca juga: Smart SIM Resmi Diluncurkan

“Pada Desember 2020, kami akan memiliki misi pesawat ruang angkasa tanpa awak pertama kami. Kemudian, pesawat luar angkasa tanpa awak kedua akan kami targetkan pada Juli 2021. Pada Desember 2021, orang India pertama akan diangkut dengan roket kami sendiri,” kata Sivan.

India berencana untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa pada Desember 2021 atau disebut misi Gaganyaan.

Sivan melanjutkan jika misi ini penting bagi India, karena akan meningkatkan kemampuan sains dan teknologi negara. “Karena itu, kami sedang mengerjakan target baru,” katanya.

Sivan optimis kegagalan bukan merupakan kendala. Ia mengatakan, pihaknya (ISRO) menggunakan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar.

“Saya tidak perlu memberi tahu Anda berapa kali Edison gagal menemukan bola lampu atau berapa kali ISRO gagal dalam peluncuran kendaraan peluncuran kami. Namun kegagalan ini tidak menjadi kendala,” ungkap Sivan.

Sumber: techno.okezone.com